6:15 pm - Friday October 24, 2014

Mengintip Kowloon Walled City, Kota Terpadat sarang Mafia

Tuesday, 7 May 2013, 14:09 | Berita, Internasional | 0 Comment | Read 1251 Times
by SekilasNews.Com

Sekilasnews.com – Siapapun pasti tahu bahwa Hongkong merupaka negara yang juga padat penduduknya. Dan juga memiliki biaya sewa rumah yang kecil namun sangat padat.

Kowloon Walled City merupakan salah satu kota terpadat di Hongkong. Kota ini bukan hanya terkenal akan kepadatannya, namun juga sistem sosial yang ddidominasi para mafia penyebab kriminal.

Mulai tahun 1950 hingga 1970-an, kota ini diambil alih oleh kelompok mafia, Triad. Di tangan mereka, kota ini menjadi pusat rumah bordil, kasino, dan opium. Tak ada polisi yang berani patroli datang kemari. Jika pun akhirnya muncul, haruslah pasukan bersenjata berat untuk bisa mengatasi serangan Triad.

Namun, secara sosial kehidupan di Walled City berjalan relatif damai. Beberapa foto yang diterbitkan dalam buku City of Darkness, menunjukkan kehidupan “normal” masyarakat perkotaan. Anak-anak bermain bola, masyarakat yang saling berkunjung satu sama lain, atau menyaksikan TV bersama. Kehidupan keras membuat para penghuninya menjalin ikatan kuat untuk menolong satu sama lain.

Padahal dalam rambu kesehatan, kehidupan mereka jauh dari standar kelayakan. Satu keluarga tinggal berdesakan dalam ruangan seluas 23 meter persegi. Kepadatan bangunan bahkan membuat warganya bisa berjalan ke ujung kota tanpa harus menyentuh kaki di tanah. Cukup meloncat-loncat kecil antar bangunan.

Kowloon Walled City/Smart Planet

Kondisi Walled City mulai berubah di tahun 1970-an ketika polisi mengambil tindakan tegas dengan menyisir gerombolan Triad. Pihak berwenang menangkap 2.500 pelaku kriminal dan menyita lebih dari 1.800 kilogram obat-obatan terlarang.

Sejak saat itu, kota ini mulai sering dikunjungi badan amal, masyarakat gereja, dan perlahan mulai masuk layanan publik seperti pengiriman surat dan air bersih. Namun, usaha ini tak menyelamatkan nasib Walled City yang diputuskan akan dihancurkan pada tahun 1987. Tujuh tahun kemudian, tepatnya di tahun 1994, kota ini sudah tidak ada lagi. Wujudnya saat ini menjadi taman wisata bernama Kowloon Walled City Park.

Selama bertahun-tahun, semakin banyak orang mengambil perumahan di sana sampai melebihi 50.000 penduduk pada 1990-an, dengan hanya 40 kaki persegi ruang per orang.

Editor : InA

Kata Kunci:
  • kota sarang gangster mafia di italia
  • Kota sarang mafia di italia

Leave a reply: Mengintip Kowloon Walled City, Kota Terpadat sarang Mafia