9:39 pm - Friday July 11, 2014

Hanya 7 Daerah di Sul-Sel Terima CPNS 2013

Monday, 22 July 2013, 20:44 | Berita, Nasional | 0 Comment | Read 802 Times
by SekilasNews.Com

SekilasNews.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) resmi mengumumkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk perekrutan umum, Kamis 18 Juli kemarin, di Balai Kartini Jakarta. Di Sulsel, hanya pemprov dan enam kabupaten yang mendapatkan formasi CPNS.

Dari 24 kabupaten/kota di Sulsel hanya tujuh mendapatkan jatah. Selain pemprov Sulsel, enam kabupaten yakni, Lutim, Bantaeng, Pinrang, Enrekang, Toraja Utara dan Parepare. Sedangkan 18 kabupaten dan kota lainnya tidak bisa melakukan perekrutan CPNS.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengatakan, untuk seleksi CPNS pelamar umum ini direncanakan menggunakan sistem computer assisted computer (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pelaksanaan tes akan dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November.

“Tahun ini sebanyak 295 instansi pemerintah akan menggelar seleksi CPNS dari jalur pelamar umum. Pengumuman lowongan dijadwalkan akan dilakukan sehabis lebaran, atau sekitar minggu ketiga-keempat bulan Agustus 2013, yang dilanjutkan dengan pendaftaran,” terang Azwar saat memberikan arahan di Balai Kartini Jakarta, Kamis 18 Juli.

Dari 295 instansi yang akan menggelar seleksi CPNS dimaksud, terdiri dari 68 kementerian/lembaga, 30 pemerintah provinsi, serta 197 kabupaten/kota.

Rapat koordinasi nasional Kemenpan-RB kemarin, dihadiri raturan pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se Indonesia. Selain membahas sistem perekrutan yang akan dipakai tahun ini dengan sistem CAT, juga diberikan langsung kuota yang didapatkan daerah masing-masing.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Eko Soetrisno seusai acara mengungkapkan, perekrutan CPNS jalur umum tahun ini akan memakai sistem yang diberi nama “CAT station”. BKN selaku pelaksana perekrutan telah menyiapkan sistem komputerisasi dengan kapasitas 140 komputer.

Di daerah juga telah siapkan 600 komputer yang tersebar di 12 kantor regional (kanreg), masing-masing 50 komputer. Keduabelas Kanreg dimaksud adalah Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura (dalam proses).

Baca juga : 10 Tips Jitu agar Lulus Ujian CPNS

Leave a reply: Hanya 7 Daerah di Sul-Sel Terima CPNS 2013