Jika Imigrasi cabut paspor, Rizieq bisa dideportasi dari Arab Saudi

Rizieq Shihab hadir di sidang Ahok. ©2017

Sekilasnews.com - Kepala Bagian Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Agung Sampurno menegaskan, pihaknya dapat mencabut paspor milik Ketua FPI Rizieq Syihab walaupun masih berada di Arab Saudi. Dengan begitu, tersangka kasus chat pornografi itu bisa menjadi ilegal keberadaannya di luar negeri.

"Ketika surat pencegahan nanti sudah dikirimkan, maka kami akan mengirimkan surat kepada Arab Saudi, bahwa ada WNI kita yang tinggal di sana dengan nomor paspor sekian kami tarik paspornya, sehingga yang bersangkutan statusnya menjadi Undocumented Person," katanya saat ditemui merdeka.com di Ditjen Imigrasi, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (13/6).

Menurutnya, jika seseorang dinyatakan Undocumented Person di suatu negara maka yang bersangkutan dapat ditindak sesuai dengan peraturan keimigrasian di negara itu.

"Maka yang bersangkutan dapat ditindak sesuai dengan keimigrasian, entah itu ditahan, diwawancarai atau langsung di deportasi," tuturnya.

Namun disisi lain, Agung mengungkapkan, suatu negara juga bisa saja tidak melakukan penindakan terhadap orang yang telah ditetapkan menjadi Undocumented Person. Dia mencontohkan, Anggodo buronan kasus BLBI yang lama menetap di negara lain meskipun paspornya sudah dicabut.

"Sayangnya jawaban untuk itu, belum tentu, kenapa wewenangnya beda seperti contoh Anggodo BLBI jelas-jelas kami sudah tarik paspornya tapi masih bisa tinggal di sana," jelasnya.

"Kalau sudah diluar negeri mah sudah lain ceritanya, diplomatik dan politik yang ada," tambahnya.

Meskipun demikian Agung tetap optimis pada penyelesaian kasus tersebut. Menurutnya tidak mungkin kedua bela negara mempertaruhkan persahabatan hanya demi satu orang.

"Tapi pertanyaannya apa iya cuma demi satu orang mau mengorbankan persahabatan antar negara yang telah lama baik, apa kira-kita worth it ?," tutupnya. [noe]
Sumber: merdeka.com

Share on Google Plus

About Sekilas news

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment