Djarot nilai KJP Plus Anies-Sandi hanya angin surga



Djarot blusukan di Petamburan. ©2017 Merdeka.com

Sekilasnews.com - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Djarot Saiful Hidayat tidak masalah dengan adanya program Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus milik pesaingnya yakni Anies-Sandiaga. Namun, dia mengingatkan, program bantuan pendidikan yang dicanangkannya ingin membudayakan tertib.

Djarot mengatakan, KJP tidak hanya bertujuan untuk memberikan bantuan pendidikan semata. Sebab dana tersebut hanya dapat dicairkan oleh anak-anak yang menerima jika sekolah dan dapat tepat sasaran kepada mereka yang memerlukan.

"KJP itu fungsinya mendidik seperti anak-anak kita mau sekolah, tertib sekolah, rajin sekolah. Kemudian yang ke dua tepat sasaran dan tidak boleh disalahgunakan. Oleh karena itu tidak boleh ditarik tunai," katanya di kawasan Lubang Buaya, Kampung Makassar, Jakarta Timur, Kamis (30/3).

Mantan Wali Kota Blitar ini mengungkapkan, perbedaan mendasar antara programnya dengan milik pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno adalah tidak dapat dicairkan. Tujuannya tentu untuk mendapatkan data mengenai penggunaan bantuan tersebut oleh masing-masing anak.

"Kalau nontunai kan bisa diketahui untuk beli kacamata, telur, daging, tapi kalau tunai kan tidak diketahui. Kan tidak mungkin kita monitor. Ada 530.000 siswa, bagaimana memantau kalau kita gunakan cashless," jelasnya.

Djarot menegaskan, KJP merupakan program yang diperuntukan warga bersekolah, sehingga ini juga menjadi pembeda program mereka. Sebab pasangan calon nomor urut tiga juga akan memberikan bantuan dana kepada mereka yang tidak sekolah.

"Tidak sekolah tidak akan dapat KJP. Kita dorong supaya sekolah. Mereka bisa masuk ke kursus. Otomatis kalau masuk ke situ dapat KJP. Itu untuk mendidik. Kita tidak bisa memberikan angin surga," tutupnya. [dan]
Sumber: merdeka.com




Share on Google Plus

About Sekilas news

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment